Tugas 1 PPB

Nama: Aaliyah Farah Adibah
NRP: 5025201070
Kelas: Pemrograman Perangkat Bergerak I
Tahun : 2024

 

Tugas 1 PPB

Sejarah Mobile Phone 


Sejarah Ponsel Genggam

1973: Telepon Seluler Pertama Ditemukan
Telepon seluler mendahului smartphone dalam perjalanan menuju teknologi digital portabel. Martin Cooper dari Motorola melakukan panggilan telepon seluler pertama kali pada bulan April 1973. Meskipun membawa telepon genggam baru terwujud sepuluh tahun kemudian, perkembangan ini membuka jalan untuk kemajuan lebih lanjut dalam komunikasi seluler.

1984: Perangkat Seluler Portabel Pertama

Motorola memulai debut DynaTAC 8000X - ponsel pertama. Dengan harga $4.000, ponsel ini tidak pernah ditakdirkan untuk menjadi ponsel yang wajib dimiliki oleh masyarakat umum. Bentuknya berbeda dengan ponsel jaman sekarang dan beratnya mencapai dua kilogram, sehingga mendapat julukan "The Brick". Daya tahan baterainya hanya 30 menit.

1992: Smartphone Pertama

IBM mengumumkan smartphone pertama pada tahun 1992, yang baru akan tersedia untuk dibeli dua tahun kemudian. Simon Personal Communicator (atau SPC, biasa disebut IBM Simon) memiliki banyak fitur yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna ponsel cerdas modern, seperti layar sentuh yang membutuhkan stylus. Namun demikian, layar sentuh yang bagus akan muncul beberapa tahun ke depan. Namun demikian, dengan layar LCD monokrom yang kecil dan daya tahan baterai satu jam, SPC masih relatif primitif dibandingkan dengan smartphone masa kini.

1994: Bentuk Awal Aplikasi Smartphone

IBM Simon akhirnya memasuki pasar pada tahun 1994. Dengan harga $1.100, harganya jauh lebih murah daripada DynaTAC 8000X, namun hanya terjual sekitar 50.000 dalam enam bulan pertama. Selain itu, penggunaannya sangat terbatas - hanya bekerja di 15 negara bagian AS. Dan meskipun tidak sebesar ponsel sebelumnya, SPC masih besar dan berbentuk kotak.  Salah satu aspek yang lebih revolusioner dari SPC adalah bahwa setiap ponsel dilengkapi dengan kalender, buku alamat, kalkulator, email, buku catatan, dan fitur-fitur lainnya. 

1997: Awal dari Game Mobile


Mulai tahun itu, pengguna Nokia 6110 dapat memainkan Snake, game yang dikembangkan oleh insinyur perangkat lunak asal Finlandia, Taneli Armanto. Itu adalah permainan yang sederhana dan ramah keluarga, sehingga banyak orang dengan cepat ketagihan. Snake memulai industri game mobile, yang kini bernilai lebih dari $152 miliar. Ericsson menciptakan istilah "smartphone" pada tahun 1997 untuk mendeskripsikan GS88.

2000: Ponsel Kamera Pertama

Pada awal milenium baru, Sharp memperkenalkan keajaiban ponsel kamera kepada dunia. Meskipun J-SH04 hanya tersedia terbatas di Jepang, namun ini merupakan awal dari kecintaan pengguna ponsel terhadap fotografi. Dengan berat hanya empat ons, J-SHO4 selangkah lebih dekat dengan ponsel ramping dan ramping masa kini.

Tidak mengherankan, kualitas fotonya sama sekali tidak mendekati apa yang diharapkan oleh para pengguna ponsel cerdas modern: Kameranya hanya 110.000 piksel. Kamera J-SH04 juga menghadap ke belakang.

2001: Ponsel yang dapat Mengakses Internet

Akhirnya, ponsel cerdas dan Internet bertemu. Untuk pertama kalinya pada tahun 2001, smartphone dapat terhubung secara nirkabel dengan jaringan 2G. Kemampuan ini membuka dunia baru bagi pengguna ponsel cerdas, yang sekarang dapat mengirim lampiran email dan konferensi video dengan perangkat seluler mereka. Namun, evolusi ini tidak datang dengan harga yang murah. Meskipun perangkat seluler sekarang berkisar antara $300-$700, biaya data terbukti tidak dapat diakses oleh sebagian besar pengguna.

2007: Apple Menguasai Pasar Smartphone

Tahun 2007 adalah tahun yang mengubah permainan untuk smartphone. Steve Jobs mengumumkan iPhone pertama di dunia pada konvensi Macworld di bulan Januari.Iterasi pertama termasuk layar sentuh, iPod, kamera, kemampuan akses internet penuh dan layar LCD lebar yang dirancang untuk video. Bentuknya ramping, ringan, dan tersedia dalam model 4GB ($499) dan 8GB ($599). Aspek terobosan lain dari iPhone adalah kemampuan perangkat lunaknya. Pengguna dapat mengunduh jutaan aplikasi pihak ketiga. Pada tahun pertamanya di pasaran, lebih dari 1,4 juta iPhone terjual. Pada tahun 2008, angka tersebut akan mencapai 11,6 juta. 

2008: Smartphone Android Pertama

Ponsel pintar Android pertama adalah HTC Dream, yang juga dikenal sebagai T-Mobile G1. Kolaborasi antara HTC dan Google, ponsel ini berjalan pada Android 1.0, versi pertama sistem operasi Android. 


HTC Dream menampilkan layar layar sentuh 3,2 inci, keyboard QWERTY yang dapat digeser, dan kamera 3,2 megapiksel. HTC Dream adalah perangkat pertama yang memiliki fitur Android Market, yang kemudian menjadi Google Play Store. Ini adalah perangkat terobosan yang menandai awal era Android, dan membuka jalan bagi banyak smartphone Android yang mengikutinya.

2020: Smartphone Modern

Debut iPhone merevolusi smartphone dan memicu efek domino berupa fitur dan kemampuan yang berkembang pesat. Ini adalah titik balik yang sesungguhnya dalam sejarah smartphone. Ponsel modern memiliki lebih banyak memori, kecepatan, dan daya daripada yang bisa dibayangkan sebelumnya, dan aplikasi yang tak terhitung jumlahnya telah tersedia dan dimonetisasi. Telah terlihat kemajuan yang luar biasa di hampir setiap aspek smartphone.Sebagai contoh, kamera ponsel pintar dapat mengambil gambar berkualitas profesional (termasuk selfie) dan melakukan streaming musik, video, dan game dengan mudah. Selain itu, akses 24/7 ke media sosial di mana saja telah mengubah hubungan dan interaksi kita selamanya.







Sumber:










Komentar