Tugas 5 EPL

Nama : Aaliyah Farah Adibah

NRP   : 5025201070

Kelas  : Evolusi Perangkat Lunak 

Tugas 5 - Pertemuan 8 - Legacy Information System

MIGRATION DENGAN PROGRAM CONVERSION

Capital One, sebuah bank terkemuka, memutuskan untuk beralih ke platform cloud untuk meningkatkan kecepatan pengembangan dan mengurangi biaya. Capital One memutuskan untuk mengadopsi pendekatan “cloud-first” dan bermitra dengan Amazon Web Services (AWS) untuk layanan cloud-nya. Migrasi ke cloud dilakukan secara sistematis dan terorganisir dengan baik. Aplikasi-aplikasi yang memiliki prioritas tinggi diidentifikasi dan dipindahkan ke cloud, dengan fokus pada sistem-sistem yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Aplikasi mobile banking dan platform akun pelanggan adalah beberapa aplikasi pertama yang beralih ke cloud, menunjukkan komitmen perusahaan pada digitalisasi yang berorientasi pada pelanggan.

Migrasi ke cloud memberikan keuntungan yang signifikan bagi Capital One. Pertama, efisiensi operasional meningkat secara substansial. Kecepatan cloud computing memungkinkan untuk penyebaran pembaruan dan fitur baru yang lebih cepat, langsung bermanfaat bagi pelanggan. Skalabilitas, keuntungan lain dari cloud computing, memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah menyesuaikan penggunaan sumber daya berdasarkan permintaan, memastikan kinerja optimal setiap saat. Aspek keuangan juga tidak diabaikan. Beralih ke cloud menghasilkan penghematan biaya yang nyata. Capital One dapat mengurangi jejak pusat datanya dari delapan pada tahun 2014 menjadi nol pada tahun 2020, secara signifikan memotong biaya infrastruktur dan pemeliharaan.

Migrasi ke cloud juga memungkinkan Capital One untuk mengemban inovasi. Operasi berbasis cloud telah membuka peluang baru bagi bank, terutama dalam bidang machine learning dan pemrosesan data real-time. Dengan memanfaatkan teknologi-teknologi ini, bank dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal, penilaian risiko yang lebih tepat, dan deteksi penipuan yang lebih baik.

Capital One menunjukkan bahwa pendekatan cloud-first dapat meningkatkan efisiensi, skalabilitas, dan inovasi, serta mengurangi biaya. Ini memberikan pelajaran penting bagi bisnis dari segala ukuran dan industri. Ini menegaskan pentingnya untuk memeluk perubahan dan memanfaatkan teknologi baru untuk meningkatkan operasi dan layanan. Seiring dengan kemajuan teknologi, kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dan memanfaatkan kemajuan ini menjadi semakin penting.

Dari Study Case tersebut diketahui bahwa Perusahaan tersebut menggunakan strategi program conversion. Program conversion berkaitan dengan penyesuaian atau penulisan ulang kode aplikasi agar sesuai dengan lingkungan cloud, seperti integrasi dengan layanan cloud atau adaptasi terhadap perubahan infrastruktur yang mungkin terjadi. Seiring dengan migrasi, aplikasi perlu diubah agar dapat mengintegrasikan layanan-layanan khusus yang disediakan oleh AWS. Ini melibatkan penyesuaian kode program untuk memanfaatkan fitur-fitur cloud seperti penyimpanan objek (Amazon S3), database cloud (Amazon RDS), atau layanan keamanan cloud (Amazon IAM).






Komentar